Tuesday 23 August 2016

Benarkah ibu menyusui gemar makanan manis?

Anda sedang menyusui, Mam? Apakah Anda sering sekali menginginkan melahap makanan dan minuman bercita rasa manis? Hal itu memang wajar dialami oleh beberapa ibu menyusui. Namun, sebagai ibu yang bijaksana, sebaiknya Anda tetap harus mengontrol asupan makanan dan minuman manis yang Anda konsumsi. Jangan, mengonsumsi makanan dan minuman manis secara berlebihan lho, karena terbukti tidak menyehatkan tubuh.
Nah, seperti apa risiko yang dapat ditimbulkan dari terlalu banyak mengonsumsi makanan dan minuman manis dan bagaimana menyiasati keinginan ibu menyusui yang selalu ingin menyantap makanan manis? Berikut ulasannya ya Mam.
  • Apa risiko yang dapat dialami oleh ibu menyusui dan bayinya jika ibu mengonsumsi makanan atau minuman manis secara berlebihan?Mengonsumsi makanan dan minuman manis secara berlebihan dapat menyebabkan tumbuhnya jamur dan ketidakseimbangan bakteri baik dan jahat di dalam tubuh ibu menyusui. Pertumbuhan jamur dan bakteri yang tidak dapat dikendalikan ini dapat menyebabkan rasa nyeri dan kulit kering sehingga mengakibatkan kulit retak pada daerah puting. Akibatnya, ibu akan merasakan kesakitan saat menyusui bayi Anda. Sedangkan, bagi bayi akan terpapar jamur yang berasal dari ASI ibu. Jamur tersebut akan masuk ke dalam tubuh bayi sehingga mengakibatkan gangguan pada saluran pencernaan dan tenggorokan, gangguan pada kulit sehingga timbul ruam atau kemerah-merahan pada bagian mulut ataupun selangkangan bayi.
  • Bagaimana menyiasati keinginan untuk selalu mengonsumsi makanan ataupun minuman manis?Anda tetap diperbolehkan mengonsumsi makanan dan minuman manis kok, Mam, tapi jumlah atau porsinya yang perlu dibatasi. Usahakan untuk selalu memperhatikan kandungan gula pada setiap makanan dan minuman yang Anda konsumsi. Manisnya rasa buah segar dan jus buah merupakan salah satu jenis makanan yang baik dikonsumsi oleh ibu menyusui dan baik bagi kesehatan si Kecil.
  • Jenis makanan atau minuman manis seperti apa yang tidak aman (tidak disarankan untuk dikonsumsi) bagi kesehatan ibu menyusui dan bayinya?Terlalu banyak mengonsumsi makanan dan minuman manis dapat membatasi tubuh dalam mengasup makanan bergizi lainnya seperti buah, sayur, makanan tinggi protein dan rendah lemak. Kondisi ini tentu dapat mengganggu kesehatan tubuh. Untuk itu, Anda perlu membatasi mengonsumsi makanan dan minuman bercita rasa manis, seperti cake, milkshake, minuman bersoda, sirup, dll.
  • Selain membatasi makanan dan minuman manis, makanan seperti apa yang dihindari oleh ibu menyusui?Makanan berlemak, makanan dengan zat kimia seperti perasa tambahan, pewarna, dan pengawet sebaiknya dihindari oleh ibu menyusui karena zat tersebut tidak ada manfaatnya bagi kesehatan tubuh ibu dan bayi. Untuk itu, hindari untuk mengonsumsi makanan atau camilan berbumbu, seperti keripik, gorengan, makanan cepat saji, dll.
Menyusui adalah momen yang sangat membahagiakan karena Anda menyediakan nutrisi tinggi dari ASI yang dikonsumsi si Kecil. Karena itu, usahakan untuk selalu menjaga kualitas ASI dengan rajin memenuhi asupan nutrisi yang terdiri atas karbohidrat, protein, vitamin, mineral, dan Booster ASI coklat Mamamilky  ya, Mam. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

ASI Booster

Coklat MamaMilky (Penambah Volume Asi Dan Mengentalkan Asi)

KONTAK PERSON : SMS/WA : 0815 1146 2419  LINE : Hijrahcoklat03  BBM : D28042F6 KENAPA HARUS COKLAT MAMAMILKY...