Sunday 14 August 2016

Perbedaan Warna ASI

Semua ibu di muka bumi ini tentu mengetahui manfaat serta kelebihan ASI. Seiring dengan bertambahnya media edukasi dan informasi seputar ASI dan menyusui, semakin banyak ibu yang bertambah 'pintar' dalam memberikan nutrisi bagi buah hati mereka. Saat ini, pemerintah bersama komunitas-komunitas ASI dan ibu menyusui sedang gencar mensosialisasikan pentingnya memberikan ASI pada anak hingga usia 2 tahun. Namun tidak semua ibu bisa bahagia menyambut program yang sudah berjalan beberapa tahun terakhir ini. Sebagian diantara mereka justru bersedih karena tidak bisa memberikan ASI yang layak bagi buah hatinya. Beberapa ada yang mengeluh sulit memproduksi ASI, beberapa lagi bercerita ASInya tidak cukup melimpah. Terlepas dari itu semua, para new mom seringkali menemui perasaan tak yakin terhadap ASI yang mereka produksi. Let say, ketika ASI mereka bening dan berwarna kurang pekat. Dalam benak setiap ibu muncul kekhawatiran ketika melihat ASI yang mereka produksi tidak sesuai harapan. Yang lebih parah lagi, mereka menilai ASI yang kurang pekat ini sebagai ASI jelek. Namun, jika momy sudah membaca tulisan ini, momy tidak perlu khawatir lagi, ya. Karena ternyata ASI beningpun kaya akan manfaat yang tentunya dibutuhkan oleh tubuh si kecil. Berikut ini, bacadulu akan mengupas tentang ASI bening dan ASI kental.


ASI bening atau Foremilk adalah ASI yang diproduksi pada awal proses menyusui. Diproduksi  dalam jumlah banyak, mengandung banyak protein laktosa dan protein lainnya, berkadar air tinggi, namun kadar lemaknya rendah dan berwarna lebih bening dan kebiruan. Jumlah air  yang berlimpah dalam foremilk, mampu memenuhi kebutuhan air pada bayi. 
Sedangkan ASI kental atau Hindmilk adalah ASI yang diproduksi pada akhir proses menyusui. Diproduksi   dalam jumlah sedikit, tapi kadar lemaknya lebih tinggi, yaitu 2-3 kali dibandingkan foremilk. Kadar lemak yang lebih tinggi ini membuathindmilk lebih putih dibanding foremilk. Jumlah lemak yang tinggi dalam hindmilk ini akan memberikan banyak energi pada bayi, dan menimbulkan rasa kenyang yang lebih lama.

Bisa juga dianalogikan begini:
Bayi mengkonsumsi foremilk artinya dia sedang minum, dan bayi yang mengkonsumsi hindmilk artinya dia sedang makan. Dua-duanya penting bukan untuk tubuh si kecil? Jadi, dapat dipastikan tidak ada ASI yang jelek ya mom.

No comments:

Post a Comment

ASI Booster

Coklat MamaMilky (Penambah Volume Asi Dan Mengentalkan Asi)

KONTAK PERSON : SMS/WA : 0815 1146 2419  LINE : Hijrahcoklat03  BBM : D28042F6 KENAPA HARUS COKLAT MAMAMILKY...