Monday 26 September 2016

PENYEBAB ASI KELUAR SEDIKIT

BERIKUT BEBERAPA PENYEBAB ASI KELUAR SEDIKIT :

 

1. Masalah Hormonal

Akibat kadar tiroid yang tinggi, penyakit diabetes , hipertensi dan masalah hormonal rendah merupakan beberapa penyebab wanita sulit hamil. Dan pada Saat sukses melahirkan, hal diatas juga akan mempengaruhi kemampuan  memproduksi ASI. Jika karena faktro ini, disarankan ibu  menjalani pengobatan untuk meningkatkan produksi ASI. Datanglah ke klinik laktasi untuk mendapatkan bantuan.

2. Akibat pernah melakukan operasi pada payudara

Operasi payudara biasa dilakukan karena memang ada masalah medis maupun untuk kecantikan. Piercing yang dilakukan di area puting juga dikategorikan sebagai operasi payudara dan bisa mempengaruhi produksi ASI. Namun besar atau kecilnya pengaruh operasi ini  tergantung bagaimana prosedur operasi itu dilakukan, sudah lama atau kemarin  dan apakah ada komplikasi atau tidak saat melahirkan yang bisa melukai payudara.Beberapa wanita yang melakukan operasi payudara, tetap bisa bisa menyusui bayinya hingga enam bulan tanpa kesulitan. Namun beberapa wanita lainnya harus membutuhkan bantuan ahli dan suplemen.

3. Penggunaan Alat Kontrasepsi yang Hormonal

Banyak ibu yang menggunakan alat kontrasepsi pil merasa produksi ASI tidak terpengaruh,  akan tetapi sebagian ibu lainnya mengalami atau  merasa produksi ASI menurun. Hal yang seperti itu bisa saja terjadi jika ibu mulai mengonsumsi pil KB  sebelum bayinya berusia empat bulan.Jika Merasa ASI berkurang setelah pemakaian PIL KB, sebaiknya  dihentikan. Sebelum melakukan sebaiknya ibu berkonsultasi ke dokter, mencari tahu metode kontrasepsi yang lebih tepat.

4. Bayi Kesulitan Menghisap karena Masalah Anatomi

Faktor Bayi Ibu sendiri bisa menjadi penyebab ASI keluar sedikit, karena Kemungkinan bayi kesulitan menghisap ASI dari payudara ibu karena ada masalah anatomi.Misalnya bayi memiliki tali lidah pendek (tongue-tie).Tongue-tie menyebabkan mulut bayi tidak dapat menempel dengan baik pada puting susu, sehingga kemampuan menghisap ASI berkurang. Biasanya Ibu dengan bayi tongue-tie juga akan mengalami lecet pada puting payudaranya, dan bayi mengalami pertumbuhan badan yang tidak maksimal.Jika bayi Anda mengalmi hal ini, ibu bisa membawanya ke dokter ahli. Setelah diatasi oleh dokter, kemampuan bayi untuk menyusi akan meningkat secara signifikan.

5. Tidak Disusui di Malam Hari

Setiap ibu memiliki kemampuan berbeda untuk menyimpan ASI di payudaranya. Dengan tidak menyusui di malam hari, produksi ASI ibu bisa menurun. Tidak hanya itu, kadar prolaktin (hormon yang memberikan sinyal ke payudara untuk memproduksi ASI) juga lebih banyak di malam hari. Jadi jika hormon itu semakin rendah, produksi ASI ibu pun bisa menurun. Intinya, menyusui di malam hari penting untuk menjaga produksi ASI tetap banyak.Seorang Bayi memang membutuhkan tidur yang cukup, akan tetapi  bukan berarti ibu terus membiarkan dan tidak menyusuinya. Bayi yang jarang atau malah sama sekali tidak menyusu di malam hari bisa memiliki masalah penambahan berat badan.


Dilihat juga artikel tentang dunia perASIan lainnya ALA MAMAMILKY :
http://mymamamilky.blogspot.co.id/2016/10/cara-menyimpan-asi.html
http://mymamamilky.blogspot.co.id/2016/10/manfaat-kolostrum.html
http://mymamamilky.blogspot.co.id/2016/10/penyebab-cegukan-pada-bayi-penyebab.html
http://mymamamilky.blogspot.co.id/2016/10/hal-hal-yang-perlu-diperhatikan-saat.html
http://mymamamilky.blogspot.co.id/2016/10/kenapa-harus-asi-ekslusif-6-bulan.html
http://mymamamilky.blogspot.co.id/2016/10/mengatur-jadwal-makan-bayi-usia-6-bulan.html
http://mymamamilky.blogspot.co.id/2016/10/setiap-ibu-pasti-ingin-memberi-yang.html

No comments:

Post a Comment

ASI Booster

Coklat MamaMilky (Penambah Volume Asi Dan Mengentalkan Asi)

KONTAK PERSON : SMS/WA : 0815 1146 2419  LINE : Hijrahcoklat03  BBM : D28042F6 KENAPA HARUS COKLAT MAMAMILKY...