Wednesday 21 September 2016

PENYEBAB BERAT BADAN BAYI TURUN

1.Susu Formula

Salah satu penyebab berat badan si kecil tidak kunjung naik atau bahkan berangsur-angsur turun adalah susu formula yang ibu berikan. Mungkin ibu sudah membelikan susu balita terbaik dengan harganya yang paling mahal. Namun, harus digarisbawahi bahwa tidak mesti susu dengan harga mahal itu bagus dan baik untuk si kecil.
Susu formula memiliki kandungan yang sama. Hanya beberapa kandungan saja yang membedakan antara merk susu formula yang satu dengan yang lain. Dalam hal ini, pastikan ibu memberikan susu formula yang mengandung tinggi protein. Protein sangat membantu tumbuh kembang balita ibu sehingga berat badannya akan naik. Sementara itu, ada kemungkinan berat badan bayi tidak naik dikarenakan ibu salah dalam memilih susu balita.
 2. Gangguan Sistem Pencernaan

asalnya, kebanyakan si kecil akan kehilangan berat badan karena susu yang diberikan tidak bisa dicerna oleh tubuh, bahkan cenderung membuat sistem pencernaan tidak bekerja maksimal.
Ada satu kandungan yang harus ada dalam susu formula dan kadarnya harus tepat, yaitu prebiotik. Ini merupakan kandungan yang dibutuhkan sistem pencernaan. Kandungan ini akan membuat bakteri baik dalam sistem pencernaan berkembang biak.
 ika tidak, maka yang terjadi adalah si kecil akan sering buang air besar atau BAB. Ibu perlu mengetahui berat badan bayi ideal sesuai dengan usia si kecil serta berapa kali si kecil buang air besar setiap hari. Jika bayi ibu masih di bawah satu tahun dan dalam waktu satu hari buang air besar dua kali atau bahkan lebih, maka yang kemungkinan besar sistem pencernaannya terganggu.
Terlalu sering buang air besar berarti tubuh bayi tidak mendapatkan nutrisi yang disupply dari makanan dan susu formula. Tubuh tidak mendapatkan manfaat apapun. Ketika makanan dan susu dikonsumsi, maka akan langsung dikeluarkan melalui BAB.
 
3.Tindakan yang Ibu Harus Lakukan

Salah satu tindakan awal yang perlu ibu lakukan adalah mengganti susu formula yang baru yang pastinya mengandung prebiotik. Akan tetapi, setiap bayi memiliki kondisi kesehatan yang berbeda. Oleh karena itu, sebaiknya ibu berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.
Jika perlu, ibu memberikan nutrisi tambahan, bukan hanya melalui makanan dan susu, tapj juga dari suplemen yang lain. Tindakan ini merupakan tindakan short term saja agar berat badan tidak terus turun. Untuk jangka panjang, ibu tetap harus memberikan makanan yang sehat dan tepat serta susu formula yang sesuai dengan kondisi kesehatan sang buah hati agar berat badan bayi normal.



Dilihat juga artikel tentang dunia perASIan lainnya ALA MAMAMILKY :

No comments:

Post a Comment

ASI Booster

Coklat MamaMilky (Penambah Volume Asi Dan Mengentalkan Asi)

KONTAK PERSON : SMS/WA : 0815 1146 2419  LINE : Hijrahcoklat03  BBM : D28042F6 KENAPA HARUS COKLAT MAMAMILKY...